//
you're reading...
Sumatera Barat

Anak Miskin Masuk Kuliah

DUAFA

Laporan: Khairul Jasmi

Seorang lelaki, tiba di lobi Harian Singgalang, akhir pekan lalu. Ia membawa sebuah bundel. “Pak, tolonglah anak ko Pak, ibo awak, Pak,” katanya. Bukan anaknya, tapi tetangganya. Namanya Utari Triyani. Gadis ini lulus PMDK di Fakultas Teknik Unand. Ia membutuhkan dana Rp7.500.000. Ke langit pun ayah budanya memekik takkan dapat. Makanya, ia datang ke Harian Singgalang.

“Segera kita survei ke rumahnya di Indarung, sekarang teman-teman masih survei di Pariaman, “ kata Irma, staf dari Dompet Dhuafa Singgalang (DD Singgalang), kemarin. Sebagian staf DD Singgalang telah survei ke rumah anak miskin yang diterima di PMDK di Unand. Anak itu ada di Alahan Panjang dan di Pariaman dan beberapa daerah lainnya.

Kami dari Harian Singgalang harus bergegas menjelang tahun ajaran baru ini. Jika Tuan atau Nyonya, pernah melihat suasana Juni/Juli 2008  lalu di Singgalang, maka mungkin Tuan dan Nyonya akan meneteskan air mata. Anak-anak pintar itu, diantar ayah dan bundanya atau oleh gurunya ke Singgalang. Mereka meminta suratkbar urang awak ini, menolongkan mencarikan dana untuk pendidikannya. Tuhan memang Maha Besar, setiap diberitakan Singgalang, setiap beban di pundak orangtua anak-anak itu lepas. Mereka kini telah kuliah dibantu orang-orang baik hati di Ranah Minang ini. Alhamdulillah.

Hasil survei
Seorang gadis manis bermama Meidiza Ariandiny, 17, alumni SMA 1 Pariaman, hari-hari ini tak ceria lagi. Lulus PMDK di Fakultas Kedokteran Unand. Ia biaya Rp10.600.000, lebih dari 10 emas. Tak ada emas yang akan dijual. Juga tidak sawah.  Teman kami dari DD Singgalang datang menemui pucuk masa depan yang sedang muram ini di kampungnya.
Meidiza, telah lama kehilangan ayahnya. Ia yatim. Ibunya, Adiningsih, tempat ia selalu meminta, adalah wanita yang kerja serabutan. Baginya, uang Rp10 juta, terletak di langit tinggi. Sesungguhnya, baginya, jika mahal benar untuk kuliah, sebaiknya tak usahlah kuliah. Tapi, tidak. Hatinya, teramat sedih, jika buah hatinya yang pintar itu, harus mengubur cita-citanya.

Meidiza, tak punya kamar sendiri. Bagaimana bisa punya kamar, hidup menompang di rumah nenek. Sebagiama halnya nenek, ia sangat sayang pada cucunya. Cucu nan cantik. Apalah daya seorang nenek yang juga miskin untuk uang Rp10 juta.

Anak pertama dari tiga bersaudara ini, selalu meraih peringkat pertama sejak smester I sampai VI. Dua adiknya, Roufiza Adinda Putri dan M Reze Fathony, keduanya pelajar dan ditinggal mati ayah tercinta sejak 2007 silam.
Anak Kota Pariaman ini, seolah mendulang air mata, sebab adiknya baru saja tamat SMP dan akan masuk SMA.

Anak lain
Selain dia ada lagi anak lain, namanya Nurul, dari Alahan Panjang, alumni SMAN 1 Lembah Gumanti. Pintarnya anak ini, sehingga ia lulus PMDK jurusan Teknik Lingkungan di Unand. Anak ini butuh dana Rp7,5 juta. Tapi itu, tadi, ‘tak kayu jenjang dikeping’, hanyalah pepatah, bukan jalan keluar. Lalu DD Singgalang melakukan survei ke rumahnya.
Cerita duka, tergaing di ujung jembatan masa depan seperti dialami anak-anak ini, bejibun banyaknya dan mereka dipastikan akan datang ke suratkabar terbesar ini dalam beberapa hari mendatang.

Karena itu, sebagaimana ‘tradisi’ suratkabar ini, maka kami berusaha membantu mereka. Karena itulah antara lain dihadirkan Dompet Dhuafa Singgalang sejak 2006 silam, bekerjasama dengan Dompet Dhuafa Republika.
Jika uang Anda berlebih, jika hendak membayar zakat, sekali ini, sebaiknya salurkanlah untuk anak-anak Ranah Minang yang orangtuanya miskin. Mana tahu, ia akan jadi putra-putri terbaik kampung halaman kita kelak.

Jika Anda berkenan bantuan bisa disalurkan bantuan Anda pada DD Singgalang. DAPAT DISALURKAN MELALUI

Kantor DD Singgalang: Komplek Pasir Putih Blok P No. 15 Kel. Bungo Pasang, Kec. Koto Tangah, Padang. Telp 0751-7054068 atau ke Sekretaris Redaksi lantai III Harian Singgalang, Jalan Veteren 17 Padang, telp. 0751-25001.
Jika ingin melalui rekening bisa ke:
o    BANK MANDIRI        : 111.000.500.5000
o    BANK NAGARI        : 2100.0105.00297.1
o    BANK BNI SYARIAH    : 234.66666.6
o    BANK BRI SYARIAH    : 710.33.41.44447
–    Layanan jemput donasi hubungi: 081366329431/08126753054

———————————————-

Sumber : Singgalang

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: