//
you're reading...
Artikel, Editorial

Partai Investor

MPR-DPR RI tampak atas

MPR-DPR RI

Reformasi telah terjadi dan demokrasi pun mulai dijalankan setahap demi setahap. Setiap orang bebas membuat partai dengan bermacam ragam idiologi dan kepentingan. Banyaknya partai membuat suara rakyat pun terfragmentasi sehingga tidak ada partai yang benar-benar memenangkan pemilu secara mayoritas. Untuk berkuasapun diperlukan koalisi dengan beberapa partai yang dengan pamrih meminta bagian dalam pemerintahan. Amanah rakyat pun telah tergadaikan. Partai yang bergabung dengan koalisi pemerintah meminta keuntungan atau kue pemerintahan. Partai ini adalah partai investor.

Setiap investor pastilah memikirkan keuntungan yang didapat. Jabatan menteri dan setingkat menteri sudah dibeli oleh partai investor sesuai persentasenya masing-masing partai investor. Tak hanya jabatan setingkat menteri, jabatan independent pun ikut dijual ke partai investor. Partai investor akan menempatkan wakil-wakilnya di jabatan penting sebagai boneka untuk menguras harta rakyat. KKN yang didengungkan semasa reformasi pun tak terhapuskan. Ini salah siapa? Politikkah yang kejam atau yang menjalankannya?

Sistem harus dirubah, sebab yang memilih presiden adalah rakyat sehingga presiden mempunyai kekuasaan penuh untuk menjalankan amanat dari rakyat tanpa intervensi dari partai. Wakil rakyat dari partai politik tempatnya di parlemen bukan di pemerintahan dan semua jabatan pemerintahan harus dipegang oleh wakil non-partai. Jika ini dilakukan barulah partai politik tidak bisa lagi berinvestasi membeli saham rakyat.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: