//
you're reading...
Artikel, Editorial

Pejabat tak merakyat salah siapa?

suasana rapat kabinet

suasana rapat kabinet

Saat ini adalah hal biasa bila ingin bertemu dengan pemimpin pemerintahan sangat sulit. Apabila sang pemimpin/pejabat turun kelapangan untuk melihat rakyatnya pun juga sulit karena sang pemimpin harus menunggu hingga proses sterilisasi lapangan selesai. Sangat ironi sekali. Seakan ada sebuah jurang pemisah antara pemimpin dan rakyat, adanya ketidakpercayaan pemimpin terhadap rakyat, padahal yang memilih beliau adalah rakyat.

Adalah hal biasa bila turun kelapangan sang pemimpin dikawal oleh polisi dengan sirine yang meraung-raung meminta laluan kepada rakyat agar terhindar dari macet dengan maksud cepat sampai ketujuan tetapi menyebabkan macet di pihak rakyat. Adalah hal biasa bila sang pemimpin mengurus sesuatu hal yang berhubungan pribadi seperti membayar rekening listrik, air, pajak, hingga mengurus paspor tidak melewati proses antri, bagi beliau “Last in First Out” Law bukannya “First in First Out” Law.

Hal tersebut kontras sekali dengan negara jiran Malaysia, disana pemimpin lebih merakyat dari pemimpin kita. Adalah hal biasa bila rakyat bisa bertemu menteri dimerata tempat dengan leluasa. Adalah hal biasa bila Perdana Menteri ikut antri membeli tiket kereta api dan juga berdiri sesak dengan penumpang lain karena semua tempat duduk sudah terisi dan menolak tawaran tempat duduk dari penumpang.

Alangkah senangnya rakyat bila setiap saat bisa bertemu dengan pemimpin secara normal lewat cara sama-sama antri membayar rekening listrik dan air, sama-sama antri di jalan raya, sama-sama makan di warung makan, bahkan sama-sama belanja di pasar, benar-benar normally sekali.

Tetapi semua itu hanya menjadi angan-angan saja bila kita sebagai rakyat tidak merubahnya karena kita sebagai rakyat mempunyai andil sehingga pemimpin menjadi jauh dari rakyat, dan kita punya andil untuk merubahnya kembali.

Discussion

No comments yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: