//
you're reading...
Komputer

Three days ago

Three days ago, seorang kawan dari Negeria sama-sama kuliah di UPM datang ke rumah. Dia datang sambil membawa sebuah laptop dan mengeluh dia tidak bisa lagi menggunakan laptopnya. Setelah dicek ternyata benar laptopnya tidak bisa lagi menampilkan logo Windows, dilayar monitor hanya tertulis kalimat yang menyatakan adanya kerusakan pada Harddisk.

Penulis mengira pasti telah terjadi apa-apa dengan laptop tersebut, sebab sekitar 3 bulan yang lalu dia datang kerumah dengan membawa komputer desktopnya yang mengalami kerusakan pada DVD-Room dan penulis menemukan beberapa koin didalam DVD-Room tersebut. Dia mengatakan kemungkinan anaknya yang paling kecil yang memasukkan koin kedalam DVD-Room tersebut.

Untuk kasus laptop, dia mengatakan bahwa anaknya yang paling kecil telah menjatuhkan laptop tersebut. Penulis katakan padanya “anda beruntung karena hanya Harddisk saja yang rusak, kalau laptop saya pasti lansung hancur”. Penulis katakan demikian karena penulis lihat laptop dia memang ber-merk dan penulis jamin kualitasnya bagus.

Dia berkata “laptop saya memang tidak hancur tapi study saya bisa berantakan karena semua data thesis saya tersimpan didalam Harddisk tersebut”.

Ooops…! I am sorry friend.

Penulis hibur dia dengan mengatakan masih ada peluang untuk mengambil data thesis tersebut walaupun hanya berpeluang 50:50 dan juga berdoa agar proses operasi dapat berjalan dengan lancar.

Dengan persiapan sekitar 2 hari karena ada alat yang mesti dia beli untuk melakukan operasi tersebut yaitu alat untuk membuat harddisk dia menjadi external agar bisa di-connect-kan dengan laptop penulis. Penulis lupa apa nama alat tersebut, tapi penulis sebut saja namanya converter. Hari pertama dia salah beli karena dia beli untuk harddisk IDE sedangkan harddisk dia SATA. Hari kedua barulah dia datang dengan membawa alat yang benar.

Operasi pun dilakukan. Pertama kali di-connect-kan dengan laptop, alhamdulillah harrdisk tersebut terdeteksi walaupun tidak bisa diakses melalui Windows Explore. Penulis coba mengakses harddisk menggunakan software BadCopy karena penulis pernah menggunakan software ini untuk mengambil file dari Disket dan CD yang rusak (siapa tahu bisa, walaupun tidak ada fiture untuk Harddisk). Usaha tersebut tidak berhasil, lalu penulis coba dengan software GetDataBack juga tidak berhasil.

Akhirnya penulis coba dengan software Recover4All, tapi penulis pesimis software Recover4All dapat digunakan, karena yang penulis tahu software tersebut hanya bisa untuk mengambil files yang sudah ter-delete dengan kondisi media penyimpanan yang masih baik. Tapi penulis coba juga, dan ternyata berhasil. Penulis bisa mengakses dan bahkan mengambil semua files thesis yang tersimpan dalam harddisk tersebut dan semua dalam kondisi baik.

Kawan tersebut sangat gembira karena mendapatkan kembali semua files thesis-nya. Tapi yang lebih gembira tentu saja penulis karena bisa mendapatkan tambahan pengalaman.

Thank friend.

Discussion

2 thoughts on “Three days ago

  1. rancak mah ri

    mememang baru bana nampak nyo.
    tingga manuka template se erinyo.
    tu frame kan ka free host.

    sarupo punyo ni i
    http://egustri.uni.cc

    klu punyo dain
    http://hendraq.co.nr

    klu web ni i yg lain

    http://egustri.66ghz.com/

    Posted by dain | September 8, 2008, 1:04 am
  2. Makasih Da In atas sumbang sarannyo..
    Belum sempat lagi ka meng-edit-nyo, kini ambo sibuk bana manyiapkan thesis. Mamposting artikel sajo disempat-sempatkan.
    Insya Allah as soon as possible ambo lakukan perbaikan.
    Thanks

    Posted by Khairi Budayawan | September 8, 2008, 12:07 pm

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Archives

%d bloggers like this: