//
you're reading...
Komputer

MAC Address yang terlupakan.

Pengantar

Komputer, baik itu laptop maupun desktop mempunyai kode atau nomor seri, malahan hampir di semua komponen yang terkandung didalamnya mempunyai nomor seri sebagaimana juga nomor mesin yang ada pada kendaraan bermotor, dan setiap produk pasti mempunyai kode atau nomor seri yang berbeda-beda.

Ternyata nomor seri pada komputer tersebut sebagai mana juga kendaraan bermotor, bisa dimanfaatkan sebagai sebuah kode atau nomor yang mewakili kepemilikan dari komputer tersebut. Bila suatu saat kehilangan komputer dan suatu saat ditemukan oleh polisi, maka dengan menggunakan nomor seri tersebut bisa diketahui pemilik sebenar komputer tersebut.

Selain itu, komputer yang hilang tersebut bisa dilacak melalui internet, tapi dengan syarat si maling tersebut sedang online internet juga. Masalahnya adalah yang bisa melacak posisi komputer tersebut hanya orang yang ahli dan juga pihak penyedia jasa layanan internet.

Kode atau Nomor seri apa yang bisa dilacak melalui internet tersebut? yang paling mudah adalah dengan melacak nomor seri kartu jaringan (LAN Card) atau Modem. Hal ini bisa dilakukan karena untuk bisa terkoneksi dengan internet setiap komputer memerlukan Modem atau LAN.

Cara Melihat MAC (Media Access Control) Address

  1. bagi pengguna windows 2000, xP, NT dan Vista, di Command Prompt ketik: ipconfig /all
  2. windows 95/98 dan Me, Klik Start Menu lalu klik Run kemudian ketik winipcfg
  3. atau boleh lihat di link: http://oregonstate.edu/resnet/guides/hw_address_pop.php , http://help.expedient.net/broadband/ipconfig.shtml , atau yang lain terserah anda.
  4. contoh MAC Address: 00-06-5B-AC-74-6B

Setelah MAC Address diperoleh lalu simpan baik-baik (jangan disimpan dalam komputer itu juga ntar ikut hilang sama-sama komputernya). Suatu saat bila kehilangan komputer bisa lapor ke polisi dan kasih tau MAC Address nya. Kalau polisinya tidak mengerti, anda bisa jelaskan (sekalian latihan bicara). Kemudian juga bisa ambil inisiatif pergi ke provider penyedia jasa layanan internet untuk minta tolong dicarikan posisi komputer kita (sayangnya waktu untuk mendapatkan datanya tidak bisa dipastikan karena kita tidak tahu malingnya pandai main internet atau tidak).

Tapi MAC Address bisa diganti-ganti!

MAC Address memang bisa diganti-ganti, tapi yang bisa mengganti MAC Address cuma sepersekian persen dari pengguna komputer, Apalagi si maling, kecuali maling terlatih.

Simpulan

Sebenarnya semua itu hanya angan-angan saya saja, tapi itu terpulang kepada pemerintah dan pihak yang berkompeten, atau malahan pihak provider memberikan fitur tambahan kepada pelanggannya dengan menyediakan jasa Pertolongan Pertama Pada Kemalingan (P3K) Komputer.

Ops, hampir lupa. Selain contoh kasus pada komputer, bisa juga diapplikasikan pada Pertolongan Pertama Pada Kemalingan (P3K) Handphone, ini khusus untuk provider telekomunikasi (seperti Telkomsel, XL, Indosat, dll). Handphone juga punya sejenis MAC Address, namanya adalah nomor IMEI. Setiap handphone mempunyai nomor IMEI yang berbeda. Menurut saya layanan P3K Handphone ini sangat mudah diaplikasikan oleh provider telekomunikasi.

Semoga bermanfaat.

Discussion

13 thoughts on “MAC Address yang terlupakan.

  1. gimana kalo kita tau mac adress nya dan kita ingin tahu IP nya sebap ada yang masuk jaringan saya dan saya sudah dapat MCadress nya dan ingin tahu IP nya bisa gak MAS

    Posted by bambang | January 17, 2009, 6:11 pm
    • Coba Mas pakai Advanced IP Scanner.
      Software ini bisa digunakan untuk menscan IP Address berikut dengan MAC-Address nya.
      lakukan setting pada menu Options | Configuration, setelah menu Options muncul klik IP Scan dan kemudian checklist Auto-resolve NetBIOS information during scan, dan klik OK.
      Masukkan range IP Address (samakan dengan network mas, misal jika IP mas 192.168.1.20 maka pada select range mas isikan dengan 192.168.1.1 to 192.168.1.255) kemudian klik Scan
      Selamat mencoba.

      Posted by Khairi Budayawan | January 18, 2009, 2:49 pm
  2. saya baru saja kehilangan laptop toshiba di kereta. bagaimana caranya ya saya bisa melacak keberadaan laptop saya. saya belum sempat menginstal adeona sebelum laptopnya hilang. tapi saya masih punya MAC Addressnya……mohon bantuanya karena banyak data penting yang ada di dalam laptop tersebut… kwntwl@yahoo.co.id atau luvozha@yahoo.com

    Posted by khusnul | July 29, 2010, 11:42 pm
  3. atau hubungi saya di 085648196484 mohon bantuanya……..jzkilah

    Posted by khusnul | July 29, 2010, 11:44 pm
  4. saya baru saja kehilangan laptop macbook di kos. gimana caranya agar saya bisa mengetahui keberadaan laptop itu. saya belum menginstal adeona pada laptop itu. mohon bantuannya
    tendi.dimaz@yahoo.com

    Posted by tendi dimas | August 17, 2010, 11:53 am
  5. Ass, Wr. Wb.

    saya tidak bisa membantu banyak, tapi saya bisa memberikan saran:
    – coba bapak hubungi pihak provider jasa internet (misal; telkom, indosat, dsb) di lokasi/provinsi anda kehilangan laptop.
    – minta tolong pada mereka untuk melacak posisi laptop anda dengan cara melacak MAC Address bapak.
    – bila laptop itu masih rezeki bapak, siapa tahu (insyaallah) orang yang menggunakan laptop bapak “mengakses internet menggunakan laptop bapak”
    – bila laptop bapak yg hilang tersebut pernah melakukan koneksi internet, insyaallah laptop bapak bisa ditemukan.
    – ini tergantung kebaikan pihak provider.
    – tapi kalau mereka tidak mau membantu, coba hubungi saja admin provider tersebut (person to person).
    – mudah-mudahan laptop tersebut masih rezeki bapak.

    wassalam,

    Posted by Khairi Budayawan | August 25, 2010, 2:29 pm
  6. Assalam…
    pak saya kehilangan laptop acer aspire 4740 bersama HP nokia e63 dicuri dikamar. trus saya belum sempat memasang GPS dan adeona. nomor MaC addressnyapun lupa saya catat yang saya punya cuma no seri. gimana pak mohon solusinya. saya butuh banget laptop itu dikembalikan karena data didalamnya sangat penting dan menyangkut dengan orang lain

    wassalam…

    Posted by Azhys | November 16, 2010, 3:07 pm
  7. duh gan bisa bantu g.
    laptop n hp sy di curi
    tapi sy blum instal softwre placak n g tau mac adres’y
    yg da cm no seri gan

    Posted by indra | January 1, 2012, 1:54 am
  8. mohon info, saya kehilangan notebook acer aspire one intel aton N450 . dan saya cuma punya no. seri notebooknya aja . gimana cara saya biar bisa nemu mac address nya ?
    makasih sebelumnya🙂

    Posted by kakainawa | September 5, 2012, 9:43 pm
    • saya juga bru khlngan laptop 5 hri yg lalu, dan stlh sya brtnya pda dosen saya kta’a mac address yg blm d ktahui bsa d cek ke service center laptop yg kita punya, pa tu bnr.?
      dan bgaimana kta bsa mngetahui scra psti jaringan yg d gnakan si malinh buat koneksi apa.?
      mhon bgt bntuannya…

      Posted by ikhsan | September 11, 2012, 5:05 am
  9. bisakah saya melacak nomor handphone orang lain yang menggunakan wifi saya di rumah ? trims.

    Posted by zunias | February 17, 2013, 4:31 pm

Leave a Reply

Archives

